#PetGame 3D Game Engine




Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.

BGE merupakan kepanjangan dari Blender Game Engine, yang merupakan salah satu fitur luar biasa Blender. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi interaktif seperti game. Piandu, merupakan salah satu aplikasi interaktif yang telah saya buat menggunakan BGE. Saya membuat aplikasi tersebut menggunakan BGE dan memanfaatkan game logic yang telah disediakan, sehingga saya tidak perlu menuliskan script pemrograman, hanya memerlukan pemahaman logika.

Meskipun BGE dan Blender merupakan satu software, tidak semua fitur dari Blender tersebut bisa digunakan pada BGE. Seperti beberapa hari yang lalu, ada kawan yang ingin menggunakan explode particle di BGE. Hal itu tidak bisa, karena pada dasarnya GAME dan ANIMASi itu BEDA!


Salah satu syarat mutlak game adalah interaktif. Jika game tidak interaktif mau diapain coba? user hanya melihat tanpa bisa berbuat apa-apa? ini merupakan salah satu perbedaan antara game dan animasi. Game dibuat untuk dimainkan, bukan hanya ditonton saja. Siapa saja bisa memainkan game. Oleh karena game yang sifatnya interaktif dan bisa dimainkan siapa saja, kita jika ingin membuat game perlu mempertimbangan faktor user. Tidak mungkin semua pemain game memiliki spesifikasi komputer yang WOW (dalam hal ini game komputer).


Coba bayangkan, jika explode particle bisa diterapkan di BGE. Setiap kita main, otomatis komputer akan bekerja membuat cache dari particle terlebih dahulu sebelum memainkan game. Hal ini akan mengurangi kenyamanan user, masa setiap mau bergerak, komputer loading terlebih dahulu membuat cache? Hal ini pasti akan membuat user malas untuk memainkannya. Kasus ini mirip dengan game online, jika warnet yang digunakan untuk main memiliki koneksi internet yang lemot, setiap baru main langsung disconnect akan membuat user pindah warnet saja

Game  maker  adalah game engine yang  sangat  populer  untuk  membuat sebuah game.  Game  maker  memberikan  resource  yang  cukup  banyak,  dari  segi grafis 2D hingga 3D,  sprite maker, sound, script, pathdan sebagainya.Game  maker  dibuat  oleh  Mark  Overmars,  seorang  profesor  dari  Institute
Ilmu  Komputer  dan  Informasi  di  Universitas  Utrecht,  dengan  pemrograman Delphi  7.

 Awalnya  pada  tahun  1999  Game  Maker  bersama  Animo,  sebuah program yang memiliki sistem pembuat animasi dua dimensi. Namun, pada tahun yang  sama  Animo  telah  berubah  fungsi  menjadi  sebuah game  engine tetapi tidak dapat  membuat  sebuah  program executable,  hanya  bisa  dimainkan  pada  jendela Game  Maker.  Seiring  perkembangan  teknologi,  Game  Maker  dapat  membuat
game utuh dan mendukung DirectX.Game  Maker  memiliki  program  terpisah  untuk  setiap  pembuatan  jenis game.  Untuk  pembuatan game berbasis  web,  Game  Maker  memberikan  tools
program  Game  Maker  HTML5.  Untuk  pembuatan  game  berbasis  PC  (Personal Computer),  tools  programnya  adalah  Game  Maker  8.0  untuk platformdengan sistem  operasi  windows  dan  mac.  Game  Maker  pun  mempunyai engineuntuk smartphone,  yaitu  Game Maker Studio.

Game Maker Studio adalah game engine46untuk pembuatan gamedi platform iOS, Android OS dan Windows Phone. Game Maker  Language  merupakan  bahasa  pemrograman  untuk  pengolahan  scriptdi Game  Maker.    Game    Maker    Language    merupakan    bahasa    pemrograman berorientasi  objek.  Penggunaan  Game  Maker  Language  merepresentasikan  setiap objek  yang  dibuat  dan  memberikan  suatu  perintah  kepada  objek  tersebut.  Game Maker Language dibuat oleh Mark Overmars, pembuat Game Maker sendiri.



http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/660/jbptunikompp-gdl-yuniretnan-32988-10-unikom_y-i.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN