#PetGame 3D Game Engine
Unity
merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform
yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan
aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan
untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor
game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX.
Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format
dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi
pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii,
iPhone, iPad dan Android.
Unity secara
rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan
visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity
dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang
didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk
widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti
PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology
Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity
Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua
pada Apple Design Awards.
Server aset
dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari
versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan
ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan
versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi
grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file
yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan
Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan
atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity
tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi
Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek
texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web
dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro
menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan
perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating
system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada
lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.
BGE merupakan kepanjangan dari Blender Game Engine, yang
merupakan salah satu fitur luar biasa Blender. Fitur ini bisa dimanfaatkan
untuk membuat sebuah aplikasi interaktif seperti game. Piandu, merupakan salah
satu aplikasi interaktif yang telah saya buat menggunakan BGE. Saya membuat
aplikasi tersebut menggunakan BGE dan memanfaatkan game logic yang telah
disediakan, sehingga saya tidak perlu menuliskan script pemrograman, hanya memerlukan
pemahaman logika.
Meskipun BGE dan Blender merupakan satu software, tidak semua fitur dari Blender tersebut bisa digunakan pada BGE. Seperti beberapa hari yang lalu, ada kawan yang ingin menggunakan explode particle di BGE. Hal itu tidak bisa, karena pada dasarnya GAME dan ANIMASi itu BEDA!
Salah satu syarat mutlak game adalah interaktif. Jika game tidak interaktif mau diapain coba? user hanya melihat tanpa bisa berbuat apa-apa? ini merupakan salah satu perbedaan antara game dan animasi. Game dibuat untuk dimainkan, bukan hanya ditonton saja. Siapa saja bisa memainkan game. Oleh karena game yang sifatnya interaktif dan bisa dimainkan siapa saja, kita jika ingin membuat game perlu mempertimbangan faktor user. Tidak mungkin semua pemain game memiliki spesifikasi komputer yang WOW (dalam hal ini game komputer).
Coba bayangkan, jika explode particle bisa diterapkan di BGE. Setiap kita main, otomatis komputer akan bekerja membuat cache dari particle terlebih dahulu sebelum memainkan game. Hal ini akan mengurangi kenyamanan user, masa setiap mau bergerak, komputer loading terlebih dahulu membuat cache? Hal ini pasti akan membuat user malas untuk memainkannya. Kasus ini mirip dengan game online, jika warnet yang digunakan untuk main memiliki koneksi internet yang lemot, setiap baru main langsung disconnect akan membuat user pindah warnet saja
Meskipun BGE dan Blender merupakan satu software, tidak semua fitur dari Blender tersebut bisa digunakan pada BGE. Seperti beberapa hari yang lalu, ada kawan yang ingin menggunakan explode particle di BGE. Hal itu tidak bisa, karena pada dasarnya GAME dan ANIMASi itu BEDA!
Salah satu syarat mutlak game adalah interaktif. Jika game tidak interaktif mau diapain coba? user hanya melihat tanpa bisa berbuat apa-apa? ini merupakan salah satu perbedaan antara game dan animasi. Game dibuat untuk dimainkan, bukan hanya ditonton saja. Siapa saja bisa memainkan game. Oleh karena game yang sifatnya interaktif dan bisa dimainkan siapa saja, kita jika ingin membuat game perlu mempertimbangan faktor user. Tidak mungkin semua pemain game memiliki spesifikasi komputer yang WOW (dalam hal ini game komputer).
Coba bayangkan, jika explode particle bisa diterapkan di BGE. Setiap kita main, otomatis komputer akan bekerja membuat cache dari particle terlebih dahulu sebelum memainkan game. Hal ini akan mengurangi kenyamanan user, masa setiap mau bergerak, komputer loading terlebih dahulu membuat cache? Hal ini pasti akan membuat user malas untuk memainkannya. Kasus ini mirip dengan game online, jika warnet yang digunakan untuk main memiliki koneksi internet yang lemot, setiap baru main langsung disconnect akan membuat user pindah warnet saja
Game maker adalah game engine yang sangat
populer untuk membuat sebuah game. Game
maker memberikan resource
yang cukup banyak,
dari segi grafis 2D hingga
3D, sprite maker, sound, script, pathdan
sebagainya.Game maker dibuat
oleh Mark Overmars,
seorang profesor dari
Institute
Ilmu Komputer dan
Informasi di Universitas
Utrecht, dengan pemrograman Delphi 7.
Awalnya pada
tahun 1999 Game Maker bersama
Animo, sebuah program yang
memiliki sistem pembuat animasi dua dimensi. Namun, pada tahun yang sama
Animo telah berubah
fungsi menjadi sebuah game
engine tetapi tidak dapat
membuat sebuah program executable, hanya bisa dimainkan
pada jendela Game Maker.
Seiring perkembangan teknologi,
Game Maker dapat
membuat
game utuh dan mendukung DirectX.Game Maker
memiliki program terpisah
untuk setiap pembuatan
jenis game. Untuk pembuatan game berbasis web,
Game Maker memberikan
tools
program Game Maker
HTML5. Untuk pembuatan
game berbasis PC
(Personal Computer), tools programnya
adalah Game Maker
8.0 untuk platformdengan sistem operasi
windows dan mac. Game Maker
pun mempunyai engineuntuk
smartphone, yaitu Game Maker Studio.
Game Maker Studio adalah game engine46untuk pembuatan gamedi
platform iOS, Android OS dan Windows Phone. Game Maker Language
merupakan bahasa pemrograman
untuk pengolahan scriptdi Game
Maker. Game Maker Language
merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek.
Penggunaan Game Maker
Language merepresentasikan setiap objek
yang dibuat dan
memberikan suatu perintah
kepada objek tersebut.
Game Maker Language dibuat oleh Mark Overmars, pembuat Game Maker
sendiri.
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/660/jbptunikompp-gdl-yuniretnan-32988-10-unikom_y-i.pdf
Komentar