Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (PT Indomarco Prismatama)



Definisi CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah komitmen dari bisnis/ perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas.
Definisi lain, CSR adalah tanggung jawab perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan dan harapan stakeholders sehubungan dengan isu-isu etika, sosial dan lingkungan, di samping ekonomi (Warta Pertamina, 2004). Sedangkan Petkoski dan Twose (2003) mendefinisikan CSR sebagai komitmen bisnis untuk berperan untuk mendukung pembangunan ekonomi, bekerjasama dengan karyawan dan keluarganya, masyarakat lokal dan masyarakat luas, untuk meningkatkan mutu hidup mereka dengan berbagai cara yang menguntungkan bagi bisnis dan pembangunan.
saya mencoba membahas tentang tanggung jawab sosial suatu perusahaan terhadap lingkungan dan tanggung jawab secara sosial terhadap masyarakat. Membahas tanggung jawab sosial perusahaan ada UU No.40 tahun 2007 yang membahas mengenai tanggung jawab sosial perusahaan.
UU No. 40/2007 diatur secara khusus adalah adanya aturan mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan. Hal ini diatur secara khusus dalam pasal 74 UU No. 40/2007. Dalam pasal tersebut, secara khusus ditegaskan bahwa “Perseroan yang menjalankan kegiatan di bidang dam/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan“.

PT INDOMARCO PRISMATAMA

          PT. Indomarco Prismatama atau yang kita kenal Indomaret merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan barang, Indomaret mulai terkenal ketika mulai bermunculan beberapa perusahaan minimarket, pada tahun 1977 perusahaan mengembangkan bisnis waralaba pertama di Indonesia pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan Dari total itu 1998 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali dan Lampung.
 Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.

Perusahaan yang menjalankan CSR di Indonesia antara lain PT. Djarum, Indosat, Indomaret (PT. Indomarco Prismatama), Nestle, Alfamart, dan PT. HM Sampoerna Tbk. Program CSR dari perusahaan–perusahaan tersebut direalisasikan dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, olahraga, agama, ekonomi, sosial kemasyarakatan, dan lain–lain. Berikut ini adalah beberapa program CSR yang dilakukan oleh perusahaan–perusahaan di Indonesia.
PT. Indomarco Prismatama memberikan sebuah tanggung jawab social pada bidang pendidikan seperti beasiswa dari indomaret, pada bidang budaya Indomaret memberikan beasiswa di vocal group Indomaret, pada bidang kesehatan indomaret memberikan donor darah dan penggalangan dana.

                                                                                                    

Sumber:
http://dhesi-dhesi.blogspot.co.id/2013/11/csr-corporate-social-responsibility.html
http://nitanovitasr.blogspot.co.id/2014/11/profil-sejarah-dan-modal-perusahaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN