Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (PT Indomarco Prismatama)
Definisi CSR
menurut World Business Council on Sustainable Development adalah komitmen dari
bisnis/ perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap
pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup
karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas.
Definisi lain,
CSR adalah tanggung jawab perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan
dan harapan stakeholders sehubungan dengan isu-isu etika, sosial dan
lingkungan, di samping ekonomi (Warta Pertamina, 2004). Sedangkan Petkoski dan
Twose (2003) mendefinisikan CSR sebagai komitmen bisnis untuk berperan untuk
mendukung pembangunan ekonomi, bekerjasama dengan karyawan dan keluarganya, masyarakat
lokal dan masyarakat luas, untuk meningkatkan mutu hidup mereka dengan berbagai
cara yang menguntungkan bagi bisnis dan pembangunan.
saya mencoba membahas tentang tanggung jawab sosial suatu
perusahaan terhadap lingkungan dan tanggung jawab secara sosial terhadap
masyarakat. Membahas tanggung jawab sosial perusahaan ada UU No.40 tahun 2007
yang membahas mengenai tanggung jawab sosial perusahaan.
UU
No. 40/2007 diatur secara khusus adalah adanya aturan mengenai
tanggung jawab sosial dan lingkungan. Hal ini diatur secara khusus dalam pasal 74 UU No. 40/2007. Dalam pasal
tersebut, secara khusus ditegaskan bahwa “Perseroan yang menjalankan kegiatan di bidang dam/atau
berkaitan dengan sumber daya alam wajib untuk melaksanakan tanggung jawab
sosial dan lingkungan“.
PT
INDOMARCO PRISMATAMA
PT. Indomarco Prismatama atau yang kita
kenal Indomaret merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan barang,
Indomaret mulai terkenal ketika mulai bermunculan beberapa perusahaan
minimarket, pada tahun 1977 perusahaan mengembangkan bisnis waralaba pertama di
Indonesia pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan Dari total itu 1998 gerai
adalah milik sendiri dan sisanya 1533 gerai waralaba milik masyarakat, yang
tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah,
Jogjakarta, Bali dan Lampung.
Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan nonmakanan tersedia dengan harga bersaing, memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen sehari-hari.
Didukung oleh 12 pusat distribusi, yang menggunakan teknologi mutakhir, Indomaret merupakan salah satu aset bisnis yang sangat menjanjikan. Keberadaan Indomaret diperkuat oleh anak perusahaan di bawah bendera grup INTRACO, yaitu Indogrosir, BSD Plaza dan Charmant.
Perusahaan
yang menjalankan CSR di Indonesia antara lain PT. Djarum, Indosat, Indomaret
(PT. Indomarco Prismatama), Nestle, Alfamart, dan PT. HM Sampoerna Tbk. Program
CSR dari perusahaan–perusahaan tersebut direalisasikan dalam bidang pendidikan,
kesehatan, lingkungan, olahraga, agama, ekonomi, sosial kemasyarakatan, dan
lain–lain. Berikut ini adalah beberapa program CSR yang dilakukan oleh perusahaan–perusahaan
di Indonesia.
PT.
Indomarco Prismatama memberikan sebuah tanggung jawab social pada bidang
pendidikan seperti beasiswa dari indomaret, pada bidang budaya Indomaret
memberikan beasiswa di vocal group Indomaret, pada bidang kesehatan indomaret
memberikan donor darah dan penggalangan dana.
Sumber:
http://dhesi-dhesi.blogspot.co.id/2013/11/csr-corporate-social-responsibility.html
http://nitanovitasr.blogspot.co.id/2014/11/profil-sejarah-dan-modal-perusahaan.html
Komentar