Masalah sosial di lingkungan

Masalah Sosial di Lingkungan


Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.
            Masalah sosial yang terdapat dilingkungan saya yaitu masalah sosial yang diakibatkan pada faktor budaya,khususnya pada remaja dilingkungan saya.Budaya-budaya yang dahulu sebenarnya memang pantas untuk remaja pada masanya kini justru budaya itu tidak mengenal usia. Sebagai contoh dahulu remaja lebih senang bersosialisasi seperti berkumpul dikarang taruna dan berkumpul diorganisasi, kini remaja dilingkungan saya lebih memilih untuk berdiam diri dirumah dan tidak ingin bersosialisasi dikarenakan mereka memiliki kesibukan dengan gadget mereka yang canggih dan tidak ingin bersosialisasi dengan lingkungannya dampaknya mereka tidak perduli dengan lingkungan sekitar.
            Contoh selanjutnya.Budaya merokok sepatutnya tidak ada pada kebiasaan remaja pada saat ini.Budaya merokok tidak mengenal usia dan dari mana dia berasal.Ada beberapa dilingkungan saya anak usia dari umur 12-15 tahun sudah merokok, budaya tersebut selayaknya tidak pantas untuk anak muda seperti mereka,sedangkan untuk umur yang masih sangat muda mereka berpotensi besar untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat, apalagi remaja sekarang sangat tidak perduli dengan lingkungannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN