TUGAS I
1.Arti kata dari :
Desain
Desain menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah
kerangka, bentuk, atau rancangan. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah
kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata
kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan
menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut
hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana,
proposal, atau berbentuk obyek nyata
Model
Model menurut KBBI adalah bersifat graf; bersifat huruf;
dilambangkan dengan huruf; bersifat matematika, statistika, dsb. Model
merupakan rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek,
sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.
Grafik
Grafik (dari bahasa Inggris “Graphic”) adalah presentasi
visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas,
atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk
hiburan. Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali
dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna. Dalam Bahasa Indonesia, kata
“Grafis” sering dikaitkan dengan Seni Grafis (Printmaking) dan Desain Grafis
atau Desain Komunikasi Visual. Grafika merupakan informasi verbal yang
menggugakan gambar untuk menunjukkan informasinya. Desain permodelan grafik
merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu objek baru menggunakan
suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan
memanipulasi.
2.Desig grafis adalah:
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan
Grafis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala
sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau
garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain
grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto
dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa
menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu
yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Ilmu desain grafis
mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
3.Pemahan unsur desain grafis dalam:
A.Kesenian
Dalam bidang kesenian, desain sendiri meupakan sebuah seni
tersendiri yang di hasilkan melalui karya-karya para pendesain. kesenian dan
desain sangat berkaitan karena di setiap aspek desain selalu di kaitkan dengan
seni ataupun kesenian.
B. Arsitektur
Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual
untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam
artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan
lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan
perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan,
desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil
proses perancangan tersebut.
4.Maksud design grafis dalam:
Karikatur
Dalam sebuah krikatur, pemanfaatan desain grafis sangat di
perlukan untuk membuat sebuah desain dari karikatur itu sendiri. Karena
karikatur sangat memerlukan pemahaman tantang garis, titik-titik serta
pewarnaan yang ssuai agar terlihat seperti aslinya.
Kesenian
Kesenian prinsip dalam bidang kesenian sendiri yaitu desain
memiiliki ruang kosong agar tampilan dari seni tersebut tidak terlalu terlihat
padat sehingga dapat memiliki nilai keindahan yang enak untuk di nikmati serat
memiliki kesederhanaan namun tidak mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur
dalam bidang kesenian memiliki warna yang sesuai agar indah di lihat terutama.
Unsur dari bentuk, apabila terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari
kesenian tersebut. Memiliki tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
Arsitektur
Arsitektur dalam bidang arsitektur, desain grafis ini
memiliki prinsip Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan
pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai
pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur
adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya,
pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain
dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang
(background).
Sistem
Dalam bidang teknologi, desain juga sangat berkaitan.
misalkan dalam pembuatan desain sebuah jaringan komputer atau jaringan internet
yang memerlukan kreatifitas untuk membentuk sebuah desain jaringan tersebut
agar dapat berfungsi dengan semesetinya.
5.Contoh permodelan design grafis dalam:
A.Kesenian
: Pembuatan suatu kerangka
dalam membuat gambar 3D
B.SISTEM :
perancangan dalam membuat sebuah animasi 2D maupun 3D
C.Arsitektur
: membuat sebuah pemodelan
terhadap bangunan yang ingin didirikan
D.Budaya
: Batik merupakan hanya
sebagian kecil contoh manfaat desain pemodelan grafik pada bidang budaya.
Sumber:
http://www.idseducation.com/2014/03/14/pengertian-dan-arti-desain-grafis/http://123desaingrafis.blogspot.com/2013/12/pengertian-desain-produk.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://gracedesigeoloni.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-desain-pemodelan-grafis.html
http://novianggrayani04.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-desain-dan-model-grafis_6.html
Komentar