Manusia dan Penderitaan

Manusia dan Penderitaan

Pengertian penderitaan  berasal dari kata derita,kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang berarti menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangnkan.
Penderitaan itu dapat lahir ataupun batin. Pendertiaan termasuk realitas dunia dan manusia.Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Suatu peristiwa yang dianggap 
penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain.

Penderitaan yang sedang kita alami bukanlah juga penderitaan orang lain, kita sebagai manusia harus bisa melihat bukan hanya dari satu sisi saja, karena setiap penderitaan ada intensitasnya masing-masing bagi manusia.

Contohnya jika kamu hanya mempunyai sebuah motor yang biasa-biasa saja dan teman-teman kamu mempunyai motor yang lebih bagus dari kamu dan kamu anggap itu sebuah penderitaan bagi kamu, disisi lain apa yang kamu anggap sebuah penderitaan itu ada orang yang bersyukur mempunyai sebuah motor karena sangat sulit untuk membeli sebuah motor.

Bisa dilihat dari contoh atas bahwa penderitaan mempunyai intensitasnya masing-masing dan mempunyai tingkatannya masing-masing.Biasanya orang-orang yang mendapatkan penderitaan yang begitu besar bisa menjadikan sebuah penderitaan itu sebagai batu loncatan atau menjadikan sebuah momentum kebangkitan dari keterpurukan.

Ketika orang ini mendapat penderitaan yang begitu banyak dia berfikir bagaimana untuk keluar dari penderitaan ini dan bagaimana caranya untuk hidup bahagia dan bisa terbebas dari masalah-masalah.
Dengan otomatis dia akan mencari jalan keluar untuk menuju kebahagian, tapi ketika begitu dia mendapatkan sebuah masalah lagi dia akan tahu bagaimana cara menghadapinya dan bagaimana cara menangani masalah ini, karena sebelumnya dia sudah mendapatkan masalah-masalah dan dia sudah tau cara keluar dari masalah ataupun penderitaan tersebut.

Intinnya ketika kita melihat suatu penderitaan ataupun suatu masalah kita harus melihatnya dari sisi positif dan dengan pikiran yang tenang, pada saat kita mendapatkan penderitaan kita harus bersyukur karena Tuhan 
memberikan suatu cobaan untuk kita agar kita dapat belajar kelak nanti.


Ketika kita mendapatkan suatu masalah dan penderitaan seperti itu kita bisa mengahadapinya dengan ikhlas dan tenang,oleh karena itu sebagai manusia kita harus bisa melihat sebuah penderitaan sebagai cobaan dari Tuhan yang diberikan  untuk kita agar kita bisa lebih dewasa menghadapi sebuah masalah dan lebih bijak dalam menghadapi sebuah penderitaan yang sangat besar, karena jika kita melihat penderitaan dengan fikiran yang tidak tenang dan fikiran yang tidak positif penderitaan tersebut akan membuat kita menjadi tertekan dan akan membuat kita menjadi frustasi dan membuat kita semakin terjebak didalam sebuah penderitaan yang tidak ada habisnya karena kita tidak dapat menghadapi penderitaan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN