Manusia dan cinta kasih

MANUSIA dan CINTA KASIH


Pada umumnya setiap manusia pasti pernah merasakan cinta, cinta kepada Tuhan, cinta kepada orang tua, cinta pada pekerjaan dan ada banyak cinta di dalam setiap kehidupan manusia.Menurut kamus bahasa indonesia karya W.J.S Poerwa Darminta, Cinta adalah rasa sangat suka(kepada) atau (rasa) sayang(kepada),ataupun(rasa)sangat kasih atau sangat tertarik hatinya, sedangkan kasih bermakna kita menaruh belas kasih, perasaan sayang.Sehingga cinta kasih artinya hampir sama jika dilihat dari setiap makna.

Pengertian cinta juga dikemukakan oleh Dr.Sarlito W.Sarwono, bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan,keintiman, dan kemesraan. Maksud dari:

1      Unsur pertama keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia,segala prioritas untuk dia,tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, kalau janji dengan dia harus di tepati.

2    Unsur yang kedua adalah keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.Panggilan-panggilan formal seperti bapak,ibu,saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan, sayang dan sebagainya. Makan minum dari satu piring,cangkir tanpa rasa risi,pinjam meminjam baju,saling memakai uang tanpa rasa berhutang,tidak saling menyimpan rahasia dan lain-lainnya.

3      Unsur yang ketiga adalah kemesraan yaitu danya rasa ingin membelai dan dibela,rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang dan seterusnya.

Unsur-unsur yang ada diatas mencerminkan bahwa manusia mempunyai perasaan saling menyanyangi sesama manusia, sehingga menimbulkan kedamaian dan ketenangan hati sesama manusia.

Unsur pertama mencerminkan bahwa cinta adalah memberikan kepercayaan kepada orang yang kita sayangi, perasaan sayang membuat kita menjadi cinta dan otomatis mempunyai rasa selalu ingin bersama orang yang kita sayangi, ingin selalu dengan dia, membuat janji dan harus ditepati dan mempriotas kan orang yang kita sayangi.

Pada unsur kedua mencerminkan ketika kita sudah mencintai orang yang kita sayang, kita akan memberikan perhatian-perhatian yang begitu intim, seperti contoh ketika kita sudah mencintai orang pasti kita memberikan nama kesayangan kepada orang yang kita sayang seperti Ayah,Bunda,sayang dan sebagainya.

Unsur yang terakhir mencerminkan kemesraan atau kedekatan dengan orang yang kita cintai, ketika kita sudah bersama dia kita selalu menjalani hari-hari bersama orang yang kita cintai pasti ada perasaan ingin melindungi ataupun ingin memberikan kasih sayang kepada orang yang kita cintai sehingga dia merasa begitu nyaman dengan kita, seperti contoh kita membelai-belai rambut pasangan kita sehingga membuat dia begitu nyaman dengan kita sehingga perasaan cinta semakin besar kepada pasangan kita.

Pada intinya sifat manusia itu ingin mencintai dan juga ingin dicintai, yang baik adalah ketika kita mencintai orang yang kita sayang maka harapan kita adalah orang tersebut juga mencintai kita.

Lain dengan cinta kita kepada Tuhan, cinta kepada Tuhan memiliki kekuatan yang sangat besar kepada hidup kita, dengan cinta kepada Tuhan kita dapat mengerti sebuah kenikmatan yang diberikan Tuhan kepada kita seperti bernafas,berjalan, dan sebagainya

Cinta kepada orang tua juga seperti cinta kepada Tuhan karena Ridhonya orang tua Ridhonya Tuhan juga, jadi cinta kepada orang tua itu penting sekali karena orang tua sudah melahirkan kita,membesarkan kita dan memberikan sebuah pelajaran dan kasih sayang yang begitu besar, sehingga kita tidak dapat membalas kasih sayang orang tua..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN