Parallel Proccesing

Nama           : Adriansyah
Kelas           : 4IA22
Npm            : 50413273
Mata kuliah : Pengantar komputasi modern
Nama dosen: Rina Noviana


Pengertian

Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPUuntuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processingmembuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yangdigunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapatdieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaandengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanyadiperlukansaat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah datadalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesinparalel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan danmampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itudiperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalamsatu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paraleluntuk merealisasikan komputasi.


Pemrograman paralel

Pemrograman pararalel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkaneksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu(prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU.Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performakomputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalamwaktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.


Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusibeberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.Contoh struktur pengiriman permintaan dan jawaban dari parallel processing



Ada 4 model komputasi yang digunakan, yaitu:

SISD 
Yang merupakan singkatan dari Single Instruction, Single Data adalah satu-satunya yang menggunakan arsitektur Von Neumann. Ini dikarenakan pada model ini hanya digunakan 1 processor saja
  
SIMD
Yang merupakan singkatan dari Single Instruction, Multiple Data. SIMD menggunakan banyak processor dengan instruksi yang sama, namun setiap processor mengolah data yang berbeda
MISD
Yang merupakan singkatan dari Multiple Instruction, Single Data. MISD menggunakan banyak processor dengan setiap processor menggunakan instruksi yang berbeda namun mengolah data yang sama.

MIMD
Yang merupakan singkatan dari Multiple Instruction, Multiple Data. MIMD menggunakan banyak processor dengan setiap processor memiliki instruksi yang berbeda dan mengolah data yang berbeda.

Hubungan antara Komputasi Modern dengan Paralel Processing

Kinerja komputasi dengan menggunakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat daripada menggunakan satu komputer saja. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya. Tetapi ini untuk masalah yang besar saja, komputasi yang masalah kecil, lebih murah menggunakan satu CPU saja.

Hubungan antara komputasi modern dan parallel processing sangat berkaitan, karena penggunaan komputer saat ini atau komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Dengan begitu peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja computer semakin cepat.

Sumber:
http://aim-ug.blogspot.co.id/
https://id.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing
http://softskillgundarkalimalang.blogspot.co.id/2017/05/komputasi-dan-paralel-processing.html
repository.uksw.edu/bitstream/123456789/3854/1/T1_622007006_Full%20text.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN