KOMPUTASI MODERN


WEBSITE YANG MENGGUNAKAN KOMPUTASI MODERN



CLOUD COMPUTING

PENGERTIAN CLOUD COMPUTING

Definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

MANFAAT CLOUD COMPUTING

1.      Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.



2.      Keamanan Data

Untuk tingkat kemanan yang diberikan sebagai layanan dari cloud computing tentunya tidak sembarang keamanan yang diberikan, Karena untuk tingkat kemanan yang harus diberikan sebagai layanan cloud computing harus lah sangat diperhatikan, untuk keamanan data sangat bisa di andalkan, jika kita menyimpan data di hardware dan sudah di backup/disimpan ke dalam cloud computing maka pada saat kita kehilangan hardwarenya maka tidak perlu panik Karena data sudah di backup ke dalam cloud computing kita.



3.       Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Cloud storage memberikan pelayanan yang sangat mudah di gunakan, kita sebagai pengguna tidak perlu untuk membeli hardware-hardware sebagai media penyimpanan.



4.      Investasi Jangka Panjang

Tentunya ketika kita tidak perlu membeli hardware ataupun media-media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data kita yang sangat begitu banyak dan juga setiap media penyimpanan yang dijual pastinya mempunyai harga yang mahal, untuk itu layanan cloud computing sangat menghemat kita tanpa perlu membeli begitu banyak media penyimpanan.





KOMPUTASI MODERN

Komputasi modern terdiri dari 2 kata yaitu komputasi ialah perhitungan dengan menggunakan media komputer dan juga modern artinya mengikuti sebuah perkembangan jaman, komputasi modern berawal dari adanya perhitungan-perhitungan yang aritmatika, Karena manusia mempunyai keterbatasan maka diciptakanlah komputasi modern. Komputasi Modern di gagas oleh  John Von Neumann (1903 - 1957), beliau adalah penggagas komputasi modern.



KARAKTERISTIK DARI KOMPUTASI MODERN

Komputasi Modern memiliki beberapa karakteristik agar kita dapat mengetahui apakah website/aplikasi tersebut termasuk ke dalam komputasi modern. Karakteristiknya yaitu:

1.      Komputer maupun jaringan yang tidak terdedikasi, artinya bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

2.      Komputer bersifat heterogen, terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi serta aplikasi yang terpasang.

3.      Komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.



JENIS-JENIS KOMPUTASI MODERN

Terdapat beberapa jenis-jenis dari komputasi modern, jenis-jenis komputasi modern tersebut yaitu:

1.      Cloud Computing

Cloud computing menjadikan komputasi modern menjadikan internet menjadi pusat dari server, jenis komputasi modern ini sangat fleksibel dan effisien Karena kita tidak perlu membutuhkan hardware yang begitu banyak Karena sudah terkomputasi di pusat server.

2.      Mobile Computing

Mobile computing atau komputasi yang bergerak untuk berkomunikasi dengan jaringan.

3.      Grid Computing

Jenis komputasi modern grid computing ini komputer yang terpisah secara geografis dan biasanya digunakan untuk perhitungan dengan skala yang sangat besar.


PENERAPAN KOMPUTASI MODERN

1.      BIDANG PERTANIAN                       : E-AGLICULTURE

2.      BIDANG KESEHATAN                      : CT SCAN, MRI SCAN, USG

3.      BIDANG KEAMANAN                      : NAVIGASI KAPAL

4.      BIDANG PERBANKAN                     : E-BANKING

5.      BIDANG PEMERINTAHAN              : E-GOVERMENT

6.      BIDANG SAINS                                 : BIOINFORMATIKA


PENERAPAN PADA BIDANG LAYANAN CLOUD  STORAGE

ZIPPYSHARE.COM adalah perusahan cloud storage yang menyediakan jasa layanan cloud storage kepada siapa saja yang ingin menyimpan data-data, zippyshare.com sudah menggunakan komputasi modern sudah termasuk kedalam kriteria komputasi modern yaitu, zippyshare.com sudah menggunakan cloud computing, kedua zippyshare.com sudah terkomputasi secara heterogen, dan yang terakhir dan juga sudah terhubung dengan jaringan sebelumnya pengguna diharapkan mendaftarkan diri dahulu untuk menggunakan layanan zippyshare.com .

ZIPPYSHARE.COM termasuk kedalam jenis komputasi modern grid computing Karena website ini memberikan pelayanan dengan membutuhkan perhitungan dengan skala yang besar sehingga website tersebut termasuk ke dalam grid computing.

TAMPILAN ZIPPYSHARE.COM



Pada tampilan diatas pengguna disuguhkan dengan tampilan yang sangat simple sehingga terlihat sangat mudah untuk digunakan, layanan yang diberikan zippyshare sangat membantu pengguna, website ini membantu pengguna dalam mempermudah media penyimpanan. Website ini sudah terkomputasi modern, Karena layanan yang disediakan sudah terhubung dengan jaringan pada server pusat dan zippyshare.com termasuk kedalam jenis komputasi modern cloud computing.






Pada tampilan myaccount akan terlihat data-data yang sudah digunakan oleh pengguna sehingga memudahkan pengguna dalam me-manage data nya. Komputasi modern membantu dalam perhitungan ini sehinnga pengguna tidak perlu lagi menghitung beberapa jumlah yang sudah digunakan Karena sudah dibuatkan statistik penggunaan.

KESIMPULAN

ZIPPYSHARE.COM salah satu perusahaan cloud storage yang sudah terkomputasi modern, zippyshare.com termasuk ke jenis komputasi cloud computing, karakteristik yang ada, pengguna dapat dengan mudahnya mengakses data dari website ini dan juga pengguna dimudahkan dengan cara tidak perlu membeli media penyimpanan yang begitu banyak.




Sumber:

http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html

http://www.netyherawaty.com/2015/03/komputasi-modern.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN