#PetGame INTERAKSI FISIK DALAM TEKNOLOGI GAME



 Interaksi fisik pada game

Beberapa efek yang diberikan di game yang melibatkan fisik sehingga permainan dalam game mendekati gerakan aktifitas fisik di dunia nyata. Efek yang diberikan pada game bisa berupa efek negative dan berupa positif.

Efek positif

1.Meningkatkan konsentrasi pada setiap game pastinya mempunyai level dan tingkatan dan setiap tingkatan mempunyai tantangannya sendiri, maka kita sebagai pemain harus mampu memecahkan setiap masalah ataupun kesulitan yang diberikan setiap levelnya dan itu membantu meningkatkan konsentrasi kita dalam memecahkan masalah dalam beberapa tahap.

2.Meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada permainan game seperti FPS(First Person Shooter) pada permainan apapun yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata maka kita telah dilatih kapan untuk melakukan hal yang tepat seperti pada permainan fps kapan kita harus menembak musuh dan menghindari musuh.

3.Meningkatkan kemampuan Bahasa asing, developer asing pastinya akan meluncurkan game dengan berbagai cara agar para pemainnya senang dan juga paham apa yang sedang dimainkan dan bukan hanya pemain dari mana developer game itu berasal tapi seluruh orang dari berbagai negara dapat memainkannya, salah satunya dengan cara men-internasionalkan Bahasa dari permainan tersebut. Kita sebagai pemain pastinya harus memahami apa yang ada di game tersebut dan kita harus mengenal kosakata baru dan Bahasa baru.

4.Meningkatkan pengetahuan tentang komputer pada saat kita bermain game, game akan memberikan informasi tentang spesifikasi laptop atau computer yang akan kita inginkan, jika sudah terpenuhi maka kita siap untuk menginstall game tersebut dan ketika menginstall suatu saat kita akan mengalami kesalahan

5.Melatih kemampuan mengetik pada saat bermain game online kita pasti akan berkomunikasi dengan teman kita pada game, dan itu melatih kita dalam menigkatkan kemampuan mengetik.

Efek negative

1.Kecanduan bermain game adalah efek negative yang ditimbulkan, kita sering lupa waktu dan juga lupa akan semua tugas yang harusnya kita prioritaskan

2.Membatasi hubungan antara sesama, pada efek ini orang yang kecanduan akan bermain game cenderung lebih mudah menemukan atau mendapatkan teman di dunia maya saja, dan efek sampingnya akan sangat sulit mendapatkan teman dan cenderung tidak peduli dengan keadaan sekitar.

3.Menggangu kesehatan, pada efek ini efek kesehatan yang di timbulkan sangat banyak seperti jika keseringan bermain game di depan komputer atau di depan smartphone kita tentunya radiasi yang ditimbulkan oleh perangkat kita sangat mempengaruhi  kesehatan mata dan akan menimbulkan iritasi ringan pada mata, dan jika kita bermain game lalu duduk terlalu lama maka akan menimbulkan nyeri pada punggung karena posisi duduk yang terlalu lama.


Interaksi dalam game saat ini sudah mendekati aktifitas-aktifitas yang biasa kita lakukan, ada beberapa game yang sudah mendekati aktifitas yang nyata, dan beberapa developer game sudah membuat konsol yang membantu untuk mendekati aktiftas yang nyata ini seperti konsol yang disediakan oleh Nintendo WII, XBOX 360 kinect.
Berikut adalah efek fisik pada game

Collision Detection

Collision detection adalah proses pengecekan beberapa buah objek spasial saling bertumpuk atau tidak. Jika ternyata ada paling sedikit dua buah objek yang bertumpuk, makan kedua objek tersebut dikatakan saling bertumpukkan. Pada ruang spasial dua dimensi. Objek yang bertumpuk berarti objek spasialnya beririsan (Nugraha, 2013). Berikut ini adalah algoritma collision detection
User Interface pada Game

Desain menarik atau interface menarik pada game mempengaruhi kenyaman dari user tersebut dan semakin membuat user meminati game yang dimaikannya tersebut.
Berikut beberapa elemen yang ada pada user interface

A.Non-diegetic adalah desain antarmuka yang diberikan sebagai informasi yang hanya disajikan untuk si user didalam game seperti bar darah(health point) dan juga pada bar kekuatan(mana point).

B.Diageti adalah desain antarmuka yang dibuat dapat berinteraksi kepada user dan dapat terlihat juga di permainan pada saat kita memainkan nya.

C.Spatial adalah user interface yang disajikan didalam permainan pada saat kita bermain tanpa berpengaruh ke dalam permainan seperti outline dalam suatu karakter.

D.Meta adalah gambaran yang muncul dalam game, seperti efek dalam bermain boxing jika kita terkena pukulan oleh musuh makan akan tercipta efek cipratan darah yang akan timbul di layar kaca user.
 


SUMBER:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN