#PetGame Konsep AI(Artifical Intelligence)
A.Deskripsi Artificial Intelligence
Beberapa ahli mendefinisikan Artificial Intelligence atau
kecerdasan buatan seperti:
H.A. SIMON(1987)
“ Kecerdasan buatan (artificial
intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait
dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia
adalah- cerdas”
Rich
and Knight [1991]
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan
lebih baik oleh manusia.”
Encyclopedia
Britannica
Encyclopedia Britannica:“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan
cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak
menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi
berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
B.Decision Making
Decision Making atau pengambil
keputusan disini adalah mencari jalan atau mencari suatu alternatif dalam
memecahkan masalah yang ada.
Tahap-tahap dalam decision making
:
·
Intelligence : Pengumpulan informasi.
·
Design : Tahap perancangan solusi .
·
Choice : Tahap memilih dari solusi dari suatu alternatif
yang disediakan.
C.Path Finding
Path Finding di dalam suatu
konteks game cara menggerakkan pemain melalui suatu jalan terpendek tanpa menabrak
rintangan, seperti contoh pada permainan pacman, sang hantu akan mencari jalan
terpendek untuk dapat memakan si pacman.
Waypoint adalah titik acuan atau kumpulan
koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi untuk mengidentifikasi sebuah
titik.
D.Tactile & Strategic AI
Tactile sensor adalah sebuah
perangkat yang mengukur informasi yang timbul dari interaksi fisik dengan
lingkungannya. Sensor taktil umumnya mencontoh arti biologis dari sentuhan
kulit yang mampu mendeteksi rangsangan yang dihasilkan dari stimulasi mekanik,
suhu, dan nyeri (meskipun nyeri penginderaan tidak umum di sensor taktil
buatan). Sensor taktil bekerja di aplikasi di mana interaksi fisik penginderaan
diperlukan, termasuk robotika, perangkat keras komputer dan bahkan sistem
keamanan. Salah satu implementasi yang paling umum dari sensor taktil perangkat
layar sentuh yang digunakan secara luas di ponsel dan komputer.
Sumber:
sudaryanto.staff.gunadarma.ac.id/
wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/
informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.../Makalah-IF3051-2012-029.pdf
Komentar