TEKNOLOGI YANG ADA PADA WEB

Teknologi web yang berkembang saat ini sangat mempengaruhi perkembangaan web yang ada, karena semakin berkembangnya teknologi web akan membuat semakin menarik. berikut adalah contoh teknologi yang digunakan pada web-web sehingga membuat tampilan web semakin menarik.

1.HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa pemrograman utama dalam pembuatan website, keterlibatan HTML tetap diperlukan walaupun website yang dibuat full flash. Dalam prakteknya, hanya segelintir web designer saja yang benar-benar membuat website murni dengan full coding (HTML). Selain karena prosesnya yang bisa memakan waktu yang lama, ternyata faktor kemampuan dalam penguasaan HTML yang minim juga menjadi penyebab. Hal lain mungkin karena tidak terbiasa dengan HTML. Para web designer yang tidak terbiasa dengan coding lebih sering menggunakan web editor (WYSIWYG), ketimbang murni dengan melakukan coding. Padahal, kalau terbiasa menggunakan coding maka kita akan memahami struktur web yang dibuat, memahami bagaimana agar konten HTML bisa di-render oleh browser dengan baik, dan masih banyak lagi.
Referensi yang memudahkan kita dalam belajar web adalah:

  •  www.w3schools.com
  • www. html.net


 2.Bahasa pemrograman JavaScript biasanya digunakan untuk hal-hal tertentu dalam sebuah website,  misalnya saja untuk membuat validasi pada form pendaftaran, form login, buku tamu (guest book), animasi sederhana (bukan Flash), dan pengaturan-pengaturan lainnya. Kemampuan seorang web  designer dalam JavaScript sangat terbatas. Biasanya, hal ini diserahkan kepada seorang programmer yang memang terbiasa bergelut dengan coding. Tetapi tidak menutup kemungkinan web designer juga menguasai JavaScript.
  • www.w3schools.com
  • www. html.net

3.PHP adalah bahasa pemrograman server side yang sudah banyak digunakan pada saat ini, terutama untuk pembuatan website dinamis. Untuk hal-hal tertentu dalam pembuatan web, bahasa pemrograman PHP memang diperlukan, misalnya saja untuk memproses data yang dikirimkan oleh pengunjung web. Contoh nyata adalah penggunaannya untuk buku tamu, halaman login, dan sebagainya. Agar bisa berjalan dengan baik, maka PHP harus dikolaborasikan dengan database engine, seperti MySQL, PostgreSQL, dan lainnya. Selain kita bisa menggunakan PHP untuk website yang dibuat, ada juga beberapa aplikasi open source yang menggunakan pemrograman PHP secara penuh. Contohnya adalah aplikasi CMS (Content Management System), seperti PostNuke, Joomla, Mambo, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk aplikasi forum, contohnya adalah phpBB, SMF (Simple Machine Forum), dan lainnya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki PHP diantaranya sebagai berikut:
  •  PHP adalah termasuk bahasa pemrograman yang mudah.
    Seorang web desainer tentunya tidak harus menguasai berbagai bahasa pemrograman. Jika tidak bisa melakukannya, anda bisa menyuruh seorang programmer untuk membantu proyek yang sedang dibuat.
  •  PHP bisa digunakan untuk membuat website dinamis, contohnya website yang berbasis CMS.
  •   PHP bisa berjalan di server web mana saja (Apache, IIS, dan lainnnya), dengan konfigurais yang mudah.
4. CSS atau Cascading Style Sheet secara sederhana adalah sebuah metode yang digunakan untuk mempersingkat penulisan tag HTML, seperti font, color, text, tabel; menjadi lebih ringkas, sehingga tidak terjadi pengulangan penulisan. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS, memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi Internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C, pada tahun 1996. Untuk saat ini terdapat 3 versi CSS, yaitu CSS 1, CSS 2, dan CSS3. CSS 1 dikembangkan berpusat pada formating dokumen HTML, CSS 2 dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen supaya bisa ditampilkan di printer, sedangkan CSS 3 sedang dikembangkan. Selain itu, CSS 2 menentukan penentuan posisi content, downloadable, font, table layout, dan media type untuk printer.web yang memandu dalam belajar css sebagai berikut:
  •  http://learn-css-tutorial.com
  •  http://csseasy.com
  •  http://www.w3schools.com/css/default.asp
5.Ajax atau Asynchronous JavaScript and XMLHTTP adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web yang interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web server, melakukan pertukaran data dengan web server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali pengguna melakukan perubahan.
Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Ajax merupakan kompbinasi dari DOM yang diakses dengan client-side scripting laguage, seperti VBScript dan implementasi ECMAScript, seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan.Web untuk membantu dalam belajar Ajax adalah sebagai berikut:
  •   http://learn-ajax-tutorial.com
  •   http://www.w3schools.com/ajax/default.asp
  •  http://www.ajaxwith.com
6.Tidak afdol rasanya jika website yang dibuat tidak disisipkan animasi di dalamnya, terutama untuk website-website komersil dan website-website hiburan. Dengan demikian, situs-situs tersebut terlihat lebih hidup dan dinamis. Flash umumnya digunakan hanya untuk menciptakan banner (iklan) yang dibuat dalam berbagai ukuran, tetapi ada juga beberapa situs yang dibuat secara keseluruhan dengan menggunakan Flash (full flash).Web yang berfungsi untuk belajar adobe flash adalah sebagai berikut:
  • http://learnflash.com
  •  http://echoecho.com/flash.html
  •  http://www.w3schools.com/flash/default.asp
Sebenarnya masih banyak lagi teknologi yang terdapat dalam web pada saat ini, intinya jika kita ingin membuat web pastikan web tersebut sangat menarik dan juga mudak di akses oleh siap saja maupun dia orang yang sudah terbiasa menggunakan komputer ataupun orang yang sudah mahir dalam menggunakan komputer, membuat web menarik dan juga membuat web sangat bermanfaat adalah hal penting yang harus ada di web sehingga tidak membuat pengungjung yang mengunjungi web tidak bingung serta teknologi yang ada di web saat ini membantu kita dalam membuat web menjadi sangat menarik.




Sumber:
  • WWW.GOOGLE.COM
  • http://uwiesulistya.blogspot.com






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN