Pengertian Cinta Kasih



Pengertian cinta kasih

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwa Darminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan, dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.

Walaupun cinta kasih memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan kelurga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhanya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ichlas, mengikuti perintahNya, dan berpegang teguh pada syariatNya.

Cinta itu bisa tumbuh jika adanya hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain sehingga cinta bisa tumbuh diantara keduanya, cinta kasih mempunyai dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawabm perhatian dan pengenalan.

Unsur pertama yaitu pengasuhan contoh yang ada dan yang nyata adalah kasih sayang orang tua bagaimana mereka mengasuh anaknya dengan penuh rasa cinta dan menaruh harapan yang besar kepada anak tersebut agar menjadi yang terbaik, sehingga cinta orang tua adalah cinta yang sangat tulus yang diberikan oleh orang tua.

Unsur kedua yaitu tanggung jawab contoh yang ada masih berhubungan dengan pengasuhan, Orang tua mempunyai tanggung jawab atas anaknya, anak tersebut merupakan tanggung jawab dari orang tua yang nantinya anak ini diberikan pelajaran oleh orang tua arti dari sebuah tanggung jawab.

Unsur ketiga yaitu perhatian, perhatian yang diberikan secara pribadi kepada orang lain bisa menimbulkan rasa cinta, sehingga perhatian adalah unsur yang wajib ada pada cinta.

Unsur keempat yaitu pengenalan, pengenalan adalah awal dari sebuah cinta, sehingga kita ingin tahu tentang rahasia-rahasia manusia.
Dengan adanya keempat unsur tersebut tentu saja cinta akan terbina dengan baik.

SUMBER: http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/ilmu-budaya-dasar/manusia-dan-cinta-kasih/view

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik sulap dengan ilmu SAINS

TRANS TV,TRANS 7, DAN ANTV DITEGUR!

GEDUNG-GEDUNG PALING MENYERAMKAN